Andi Utta: Kajang Punya Daya Tarik Khas

Andi Utta: Kajang Punya Daya Tarik Khas

BULUKUMBA – Selain pesona alam bahari, Kabupaten Bulukumba, Propinsi Sulawesi Selatan juga menyimpan daya tarik di daratan seperti wilayah Kecamatan Kajang.

Tanah Toa, salah satu desa di wilayah tersebut dengan kearifan lokal dan budaya yang memiliki daya tarik unik. Hal itu dikatakan Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta, calon bupati Bulukumba, saat menggelar sosialisasi Senin 5 Oktober 2020 di Dusun Labojo Desa Pantama.

“Beberapa kali saya katakan bahwa Kajang adalah daerah yang unik dan khas. Utamanya dengan budaya dan tradisi di Ammatoa, Tana Toa,” papar Andi Utta di depan masyarakat pendukungnya.

Andi Utta pun siap menjadikan Kajang sebagai destinasi wisata budaya yang mendunia. Dia melihat potensi itu perlu dikembangkan dengan maksimal khususnya untuk kawasan Ammatoa Kajang.

Diantara upaya yang akan dilakukan adalah promosi besar-besaran lewat festival budaya dan penyediaan fasilitas penunjang di sekitar kawasan.

“Dimulai dari pemenuhan fasilitas di sekitar, maka promosi besar-besaran akan kita lakukan. Kita ingin agar Ammatoa ini mendunia, kalau orang luar bisa kenal Bali, why not dengan Ammatoa,” jelas calon bupati bernomor urut 4 itu.

Andi Utta yakin gairah ekonomi di sekitar kawasan ikut pesat jika kawasan Ammatoa jadi destinasi wisata budaya berkelas dunia.

“Masyarakat bisa dilibatkan masyarakat atau pemuda menyediakan aksesoris khas Kajang seperti sarung, atau baju hitam dan lainnya. Kalau kita ke Ammatoa apakah sudah demikian, ini yang akan kita kerjakan,” tegas Andi Utta.

Kawasan Adat Ammatoa Kajang merupakan wilayah dengan kehidupan unik dan menjunjung tinggi tradisi budaya. Diantaranya mereka terus menjaga pesan leluhur untuk hidup sederhana, menjaga hutan dan tidak menebang pohon di kawasan tertentu.

Pendatang yang ingin masuk wilayah kawasan harus mengenakan pakian serba hitam. Pendatang juga tidak diperkenankan berniat buruk sebelum memasuki kawasan karena dipercaya bisa membuat celaka.

Sosialisasi cabup yang berpasangan Andi Edy Manaf itu dilakukan di beberapa lokasi di Kajang. Dia memaparkan beberapa program unggulan jika diberikan amanah.

Seperti subsidi bibit unggul dan pupuk untuk petani, pembangunan tempat penahan ombak bagi nelayan dan pembangunan pasar tradisional.**

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan