Surat Kemendagri, Pemenang Pilkada Bulukumba Penuhi Syarat Dilantik Bulan Ini

Surat Kemendagri, Pemenang Pilkada Bulukumba Penuhi Syarat Dilantik Bulan Ini

BULUKUMBA – Kabar pelantikan bupati terpilih di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan menemui titik terang.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengeluarkan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 131/966/otda tentang pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih melalui media teleconferece atau video conference.

Dalam surat yang diteken, Senin (15/2/2021) itu juga memasukkan daerah yang sudah tidak berperkara di MK.

Poin pertama pelantikan untuk kabupaten kota yang akhir masa jabatannya bulan Februari 2021 yang tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi. 

Poin kedua “Bagi Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatannya bulan Februari 2021 yang terdapat sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi namun terhadap sengketa tersebut telah diputuskan ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi pada tanggal 15-16 Februari 2021 untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya (ditolak),” isi surat edaran itu.

Terakhir bagi daerah yang akhir masa jabatannya bulan Mei 2019 yakni Kota Makassar.

Ketua tim pemenangan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf (Harapan Baru) menyambut baik kabar tersebut.

Pihaknya saat ini menunggu proses tahapan penetapan pemenang di KPU yang waktunya paling lambat tanggal 18 Februari 2021.

“Kami dari HB menyambut bahagia surat edaran itu. Artinya Bulukumba memenuhi syarat untuk dilantik bersamaan dengan daerah lain bulan ini,” paparnya kepada awak media Rabu 17 Februari 2021.

Surat edaran tersebut juga merinci rencana jadwal pepantikan pada minggu keempat bulan Februari.

Pelantikan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan dan dilangsungkan secara virtual.

“Sehubungan dengan ketentuan pada angka 2 huruf b di atas, diminta kepada Saudara Gubernur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati/Wakil Bupati dan Wali kotaWakil Wali kota agar dapat dilantik secara bersama-sama pada minggu IV (keempat) Bulan Februari 2021,” tulis surat Dirjen Otda Kemendagri. ***

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan