KANAL: INFO

Begini Cara Andi Utta Kembangkan Industri Kopi di Bulukumba

BULUKUMBA – Calon bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf atau akrab disapa Andi Utta memiliki cara tersendiri memajukan industri kopi di Bulukumba.

Menurut cabup yang berpasangan dengan Andi Edy Manaf itu, Bulukumba yang merupakan penghasil kopi sepatutnya memberikan nilai ekonomi bagi petani. Tak hanya langsung dijual tapi menjadikan Bulukumba daerah yang bisa memproduksi dan mengemas kopi dengan modern.

“Ini menjadi program kami. Bagaimana kopi yang ribuan ton tak langsung dijual ke Enrekang, Toraja misalnya, tapi diproduksi dan dikemas sendiri,” kata Andi Utta di sela sosialisasi dan kampanye dialogis terbatas di Kecamatan Kindang, Jumat 9 Oktober 2020.

Pengembangan industri kopi juga telah masuk dalam program unggulan paslon bertagline “Harapan Baru Dikerja Bukan Dicerita” tersebut.

“Ini potensi daerah yang kurang diperhatikan maksimal. Pemerintah harus turun tangan mencarikan solusi agar petani kopi bisa makmur nantinya,” jelasnya.

Andi Utta pun berjanji akan membuka kolaborasi dengan pihak ketiga untuk mengembangkan potensi hasil perkebunan dan pertanian.

“Itulah salah satu cara kenapa kami ingin mengundang para saudagar Bugis Makassar yang ada di luar Sulsel bahkan di luar negeri untuk berkumpul ke Bira. Kita akan ajak mereka berkolaborasi mengembangkan potensi Bulukumba, seperti kopi dan lainnya,” ungkap Andi Utta.

Jika diberikan amanah, Harapan Baru akan menjalankan program pengembangan pabrik pengelolaan dan pengemasan kopi di Bulukumba. Sehingga petani kopi di Kahayya atau Na’na Kindang ini tidak risau lagi dengan kualitas dan harga jual yang tidak menentu.

“Kita langsung kerjakan. Kita akan pelajari jenis kopinya cara pengolahan yang baik dan pemasaran dengan tetap menjaga kualitasnya yang premium khas dari Bulukumba,” papar cabup bernomor urut 4 itu.

Ketua Tim Harapan Baru H Patudangi Azis membenarkan rencana pembangunan industri kopi berkualitas ekspor di Bulukumba. Menurut politisi Gerindra yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Bulukumba itu, rencana itu sudah tertuang dalam program unggulan Andi Utta – Andi Edy.

“Sudah masuk program, Andi Utta – Andi Edy telah menyusun program reformasi perkebunan dan pertanian untuk kesejahteraan petani,” katanya.

Selain itu, Andi Utta dan Andi Edy akan menyediakan bibit unggul gratis dan subsidi pupuk untuk mendukung program lainnya. “Memang hampir semua program menyentuh langsung masyarakat, agar mandiri dan berjiwa kewirausahaan,” papar Patudangi Azis di sela kegiatan sosialisasi mendampingi Andi Utta di Kecamatan Kindang, Jumat 9 Oktober 2020.

“Insya Allah bila diamanahkan oleh masyarakat Bulukumba, industri kopi menjadi program utama untuk dikerjakan,”tambahnya.**

Relawan KIT4

Bersama H Andi Muchtar Ali Yusuf dan H A Edy Manaf menuju Bulukumba Maju dan Sejahtera. Baca juga visi dan misi di sini atau 12 program unggulan di sini.

Kolom Komentar

This website uses cookies.